Be Young Professional! Muda, Bisa, Luar Biasa!



Tanggal 3 – 5 Desember lalu telah diselenggarakan acara dwitahunan , Simposium dan Kongres Ikatan Ahli Minyak Indonesia (IATMI) 2012 di Hotel Gran Ambassador, Kuningan, Jakarta Selatan. Acara ini merupakan kompilasi dari berbagai kegiatan, mulai dari pemilihan Ketua Umum IATMI  periode 2012-2014, seminar dan presentasi paperpenelitian terbaru tentang oil and gasses, kegiatan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jabodetabek, serta competition dan student gathering yang dikhususkan untuk Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Minyak Indonesia (SM IATMI) di seluruh Indonesia. Untuk student competition sendiri terdapat 3 macam perlombaan, yaitu Upstream Business Oil and Gas Industry atau disebut dengan Plan of Development (POD), Student Paper Competition, dan Smart Competition.

Sebagai salah satu Seksi Mahasiswa IATMI yang ada di Indonesia, SM IATMI UNSRI juga turut ikut serta dalam kegiatan kemahasiswaan IATMI ini. Selain itu, terdapat 9 Seksi Mahasiswa lainnya yang turut berpatisipasi dalam kegiatan, yaitu IATMI SM Universitas Indonesia sebagai panitia yang menyelenggarakan acara kemahasiswaan ini, SM IATMI ITB (Institut Teknologi Bandung), SM IATMI Trisakti, SM IATMI ITSB, SM IATMI Universitas Diponogoro, SM IAMI Politeknik Akamigas Palembang, SM IATMI PTK Akamigas Balikpapan, SM IATMI UPN Veteran Yogyakarta, dan SM IATMI Universitas Islam Riau. Dari keseluruhan SM IATMI yang terdapat di 10 Universitas ini, tidak seluruhnya dikelola oleh anak perminyakan, beberapa diantaranya ada yang diorganize oleh anak Teknik Kimia, Teknik Geologi, dan Teknik Pertambangan. Namun secara keseluruhan, mereka yang mengikuti kegiatan Simposium dan Kongres IATMI 2012 merupakan stakeholder dari perusahaan atau industri yang berkiprah di dunia oil and gas.



Sebelum acara inti dimulai, pada tanggal 2 Desember 2012, seluruh peserta Student Gathering maupun Student Competition diwajibkan telah tiba di Jakarta dan check inpenginapan untuk persiapan kegiatan di keesokan harinya. Penginapan peserta Student Gathering dan Student Competition sendiri berbeda, dimana peserta Student Gatheringmenginap di Wisma LPMP Jakarta Selatan, sedangkan peserta Student Competition menginap di Graha Bimasakti Jakart Selatan. Suasana di kedua penginapan pun juga berbeda. Acara student gatheringseperti Presenting Ideas – Student Conferences, Pertemuan dengan IATMI pusat, Outing, dan Games yang memang ditujukan untuk mempererat tali persaudaraan antar Seksi Mahasiswa IATMI di seluruh Indonesia sehingga dapat dibayangkan bahwa suasana keakraban tersebut berjalan hangat dan ceria, sangat bertolak belakang dengan keadaan di Graha Bimasakti dimana para peserta Student Competition berada, aura bersaing satu sama lain sangat terasa sekali tetapi tetap dalam konteks bersaing secara sehat.



Keesokan harinya, tanggal 3 Desember 2012, para peserta Student Competition berkumpul di Hotel Gran Ambassador untuk mempertunjukan kemampuan mereka dalam kompetisi ini. Acara dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh Gunawan Nurcahyo Wibowo, yang merupakan ketua acara Young Professional. Setelah acara pembukaan ini, pukul 09.00-12.00 WIB dimulailah acara Student Paper Competition danPlan of Development yang diselenggarakan pada aula yang bersampingan. Sedangkan Smart Competition sendiri dimulai pada pukul 13.00 WIB.


Untuk Plan of Development, Universitas Sriwijaya mengirimkan satu tim dari Teknik Pertambangan angkatan 2009, yang terdiri dari Yusuf Nur Ulum, Dwi Binanda Putra, Riki Syahputra, Afrina Wulan Munir dan Onni Oktra Dita M.S. Disini mereka mempresentasikan hasil laporan dari perencanaan suatu lapangan migas, dimana soal Upstream Business Oil and Gas Industry telah diberikan 1 bulan sebelumnya.
Untuk Student Paper Competition, paperyang berhasil diterima untuk mempresentasikan ide baru dan inovatifnya yang mewakili Universitas Sriwijaya juga hanya satu tim, yang terdiri dari Elan Narisah, Fajriah Hilwani, dan Hafizah Azmi Anisa. Tema yang mereka angkat untuk paperny adalah pengaktifan sumur tua yang dikelola oleh rakyat yang ada di Sungai Angit, Babat Toman, Sumatera Selatan.



Sedangkan Smart Competition sendiri juga diwakili oleh satu tim yang terdiri dari 5 orang, yaitu Marcel Octavian, Vinta Adetia Pratiwi, Okta Christal, Hadi LP Napitu, dan Mira Rizki Pardina. Smart Competition ini terbagi menjadi 3 cabang lomba. 

Yang pertama adalah Rig Competition. Pada tahap ini para peserta ditantang untuk membuat maket atau miniatur sebuah rig dan komponen-komponen lainnya, baik on shoremaupun off shore, dengan inovasi dan ide-ide baru untuk mengatasi masalah yang umumnya terjadi pada rig seperti kebakaran, kuat tekannya, dan lain-lain. Pada rig cimpetition ini poin maksimal yang bisa diperoleh sebesar 400 poin. Untuk lomba kedua, yaitu Cerdas Cermat, yang terdiri dari 2 tahap, tahap pertama adalah pertanyaan wajib bagi seluruh tim yang ada. Terdapat 10 pertanyaan yang wajib dijawab oleh seluruh peserta dan 3 tim yang berhasil memperoleh poin tertinggi dapat menikuti tahap selanjutnya, yaitu tahap penyisihan. Tim yang berhasil masuk dalam tahap penyisihan ini adalah tim dari SM IATMI Trisakti yang berhasil keluar dengan poin tertinggi pada tahap ini, SM IATMI UPN dan SM IATMI ITB. Poin maksimal yang bisa didapatkan dari tahap Cerdas Cermat ini sendiri adalah sebesar 400 poin.

Tahap ketiga adalah Project Competition atau Pengelolaan Lapangan. Kompetisi ketiga ini pada dasarnya sama saja dengan Plan of Development, yaitu merencanakan suatu perusahaan oil and gas namun lebih kepada prakteknya di lapangan langsung, mulai dari mencari antiklin yang menyimpan cadangan migas melalui magnetic survey, lalu diselidiki kembali dengan hasil data seismik, menentukan blok yang akan dilakukan pemboran, mengikuti tender untuk memenangkan blok yang telah dipilih, mengajak perusahaan lain untuk melakukan investasi dan juga berinvestasi ke perusahaan lain, melakukan pemboran pertama, dan perencanaan apakah akan melakukan pemboran selanjutnya untuk memperoleh cadangan dengan meperhitungkan keuntungan dan kerugian perusahaan. Disini tiap tim dari masing-masing universitas diasumsikan membuat suatu perusahaan dengan modal yang diberikan sebesar $ 200 juta dan poin maksimal yang dapat diperoleh dari kompetisi ketiga ini sebesar 600 poin berdasarkan besarnya nilai ROI yang diperoleh. Pada tahap ini, Tim dari Universitas Sriwijaya berhasil menduduki peringkat pertama karena berhasil memperoleh cadangan migas tertinggi, yaitu pada pemboran pertama $ 75 juta barrel, pemboran kedua $ 150 juta barrel, dan pada pemboran ketiga mendapatkan $ 205 juta barrel dimana 1 juta barrel minyak dihargai $ 1000/barrel, serta banyaknya hasil investasi yang diperoleh dari perusahaan lain, sehingga nilai ROI-nya juka ikut meningkat.
Pada hari kedua, 4 Desmber 2012, acara kemahasiswaan dilanjutkan di Aula Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok. Acara kemahasiswaan ini merupakaan acara Inspring Talk yang menghadirkan bintang tamu yang sangat menginspirasi, yaitu Bapak Hayu Prabowo (Vice President Economic and Planning, Energi Mega Persada) dan Bapak Christianto Widi (Workover and Well Service Manager, Energi Mega Persada), dua orang yang sama-sama berkarir di indusri minyak dan gas dan juga dipandu oleh seorang moderator sekaligus motivator yang keren, yaitu Mr. Rono Jatmiko.. Pada acara ini beliau-beliau memberikan suatu gambaran tersendiri bagaimana perbedaan yang sangat nyata antara teori yang kita pelajari di dunia perkuliahan dengan praktek yang ada di lapangan. Beberapa quote yang saya sukai dari Inspring Talk dengan Pak Widi dan Pak Hayu ini, antara lain:
Batu ini memang tidak bisa berbicara, tetapi batu ini bisa bercerita
Gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan
Selain itu ada Barry Likumahuwa, musisi sekaligus bassist genre jazz ini mewakili semangat anak muda, bisa, luar biasa! Disini dia bercerita bagaimana you must go on untuk membuktikan pada dunia bahwa apa yang kita impikan sangat bisa kita wujudkan, bukan karena pengaruh nama orang tua atau aji mumpung semata, tetapi karena impian itu merupakan passion dari diri kita sendiri dan kita memang mempunyai bakat serta kemampuan pada bidang tersebut.
Tibalah pada hari terakhir acara Simposium dan Kongres IATMI 2012, yaitu pada hari Rabu, 5 Desember 2012 dan pusat acara kembali di Hotel Gran Ambassador, Kuningan, Jakarta Selatan. Namun peserta Student Gathering tetap memiliki acara tersendiri sebagai acara terakhir mereka, yaitu Ride on Bycycle di Universitas Indonesia, Depok. Selanjutnya acara penutupan Simposium dan Kongres IATMI 2012 dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan pengumuman Ketua Umum IATMI periode 2012-2014, yaitu Bapak Bambang Ismanto dari PT. Vico Indonesia dan dilanjutkan dengan laporan pertanggung-jawaban dari Ketua Umum IATMI selanjutnya, yaitu Bapak Salis S. Aprilian. Dan acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu pengumuman pemenang dari tiap kompetisi yang diadakan. Tim dari Universitas Sriwijaya pada Smart Competition berhasil menjadi Juara 3 Umum, dimana Juara Pertama diraih oleh Tim IATMI SM Trisakti dan Juara Kedua oleh Tim SM IATMI UPN Veteran Yogyakarta. Untuk kompetisi lainnya, yaitu Plan of Development dan Student Paper Competition, Juara Pertama diraih oleh Tim dari SM IATMI ITB.



And that’s all for information. Karena ini merupakan pengalaman pertama kali bagi SM IATMI UNSRI untuk mengikuti kegiatan dan kompetisi semacam ini, menjadi Juara 3 dalam Smart Competition merupakan cambukan tersendiri bagi mahasiswa Teknik Pertambangan bahwa kita mampu bersaing dengan Universitas lain yang notabene lebih ahli dan memahami mengenai dunia perminyakan karena memang jurusan mereka Teknik Perminyakan. Well, back to reality, walau banyak yang mengatakan bahwa opsi migas di Teknik Pertambangan itu kurang bagus dan segala embel-embel lainnya yang malah menjatuhkan, tetapi menurut saya pribadi itu tergantung bagaimana mereka atau individu tersebut melakukannya dan bukan hanya sekadar melihat apalagi mendengar. So, how good do you want to be? Quite good. Good. Very Good. The best in your field. The best in the world. Up to you. That's your choice. Mari bangkit dan buat orang disekitar kamu terinspirasi dengan yang kamu lakukan dan bukan hanya jadi follower semata, dengan prestasi satu ini tentunya bisa membuktikan bahwa anak Teknik Pertambangan pun bisa dalam urusan minyak dan gas. Give away everything you know, and more will come back to you. Some people use words to reflect who they want to be, but actions always show who they really are. Do it! Do it! Do it!
Salam bumi antar gathas susthabavanias! Hidup Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya! Be Young Professional guys, Muda, Bisa, Luar Biasa!




--By: VAP--

2 komentarDefault Comments

  1. Maaf kakak-kakak admin menganggu waktunya.

    saya siswa kelas 3 sma di daerah prabumulih ingin bertanya kepada kakak-kakak admin..

    Kak,Untuk FT.Geologi itu kapan ya kak di buka penerimaan mahasiswa baru ?

    kak,Untuk FT.Geologi apakah terpisah dengan FT.Pertambangan atau Bergabung sebagai Jurusan ?

    Terima kasih Kak

    BalasHapus
  2. Mencoba membantu, untuk jurusan teknik geologi akan dibuka pada tahun ajaran 2013/2014. Jadi, untuk anda yang ingin mendaftar sebagai mahasiswa jurusan teknik geologi sudah dapat mendaftar baik melalui undangan ataupun sbmptn nantinya.
    Sekian, semoga bisa membantu.

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Permata FT Unsri merupakan organisasi himpunan mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan yang berada di bawah naungan jurusan Teknik Pertambangan dan terdapat di lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Connect Us

item