Semarak Engineering Fair 2011 Hadirkan Segudang Kreativitas

      Teriakan dan luapan kegembiraan mahasiswa teknik berkumandang di sela pepohonan kampus Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. Atmosfer kebersamaan yang redup termakan waktu seakan muncul kembali, hadir dalam suasana perlombaan yang dipersembahkan oleh BEM Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. Selasa, 8 Maret 2011 menjadi saksi semarak kebangkitan dan motivasi untuk menghadirkan kreasi mahasiswa. Kegiatan sederhana yang dibungkus dengan lantunan akustik ini mengingatkan kita kembali akan mobilitas kampus yang sebenarnya. Di mana terdapat persaingan sehat baik antar mahasiswa maupun terlabel jurusan. Setiap mahasiswa jurusan berusaha menampilkan kreasi dan kemampuan terbaik mereka pada hari ini. Seluruh daya upaya dijuangkan demi mengharumkan almamater jurusan, tidak terkecuali para dosen yang ikut melepas mahasiswanya untuk bertanding.
           Tepat jam 09.00 waktu Indralaya, mahasiswa tampak berduyun - duyun berjalan menuju tenda - tenda di sekitar Fakultas Teknik Unsri. Di bawah rindangnya pepohonan, telah berdiri tenda - tenda yang akan menampung kreasi dan fantasi mahasiswa. Tenda atau stand ini merupakan tempat menuangkan gagasan dan memamerkan prototype masing - masing jurusan. Tenda mulai ramai dihiasi oleh gambar, pernak pernih, alat - alat labor , mading dan seluruh unak - unek jurusan terpajang merata di setiap sudut tenda. Mulai dari Stand Teknik Mesin yang menghadirkan prototype kebanggaan mereka, begitu juga Teknik Pertambangan yang telah siap siaga disusul stand - stand dari Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Elektro hingga Stand Bhuana Chakti. 
                Perlombaan Stand dan Prototype sebenarnya dimulai pada pukul 10.00 WIB , karena ada kendala  pada panitia kegiatan menjadi molor 1 jam lebih lambat. Hal ini tidak menjadi masalah untuk para kontestan yang telah sedang dan telah mempersiapkan seluruh stand mereka dengan barang - barang yang layak untuk dipamerkan. Sungguh mengagumkan, itulah yang dapat ditangkap dari kreasi mahasiswa teknik pada saat itu. Tidak ingin kalah, itulah yang ada di benak mereka. Nama baik jurusan adalah harga mati yang harus diperjuangakan. Tentunya kegiatan ini menuntut persaingan sehat sesama mahasiswa. 
                 Berbicara mengenai siapa yang paling rajin, saat ini tampak Teknik Pertambangan yang terlebih dahulu berada di stand mereka, sejak pukul 6 pagi sederet engineer telah menempati posisi mereka. Hal ini membawa angin segar bagi teman - teman mahasiswa lainnya, mereka menjadi tergerak untuk menata stand mereka menjadi lebih baik. Terlihat stand - stand jurusan mulai aktif. Teknik mesin mulai menata, dan memamerkan salah satu prototype mereka seperti roket air dan pemanas energi surya. Teknik Arsitektur menambah khasanah estetik lomba, dengan memanjang miniatur berkelas milik mereka.Begitu juga halnya 3 jurusan lainnya, yang terus bekerja sebelum lomba dimulai.
                Lomba Stand dan protoype serta akustik ini dimulai dengan pembukaan dari Pihak kemahsiswaan yang menghadiri acara tersebut. Pihak Kemahasiswaan yang hadir menyampaikan bahwa pentingnya acara ini, yang tentunya menggugah semangat untuk terus mengembangkan teknologi yang bermanfaat. Pembukaan acara pukul 11.00 dilakukan oleh pihak kemahasiswaan. Diharapkan kegiatan ini terus dilakukan dan dapat dikembangkan untuk selanjutnya. Sempurna, fakultas telah mendukung kegiatan BEM FT ini.
                  Lomba stand dan prototype ini diadakan selama 2 hari dengan presentasi prototype masing - masing jurusan pada hari pertama dan kedua. Setiap harinya dipresentasikan 2 prototype dari 3 jurusan. Pada hari pertama, Teknik Mesin, Pertambangan dan Arsitektur mendapat bagian untuk mempresentasikan prototype mereka. Prototype dari Teknik Mesin muncul pertama, di atas panggung 2 orang mahasiswa mendemonstrasikan kreasi roket air dan gokart mereka. Mahasiswa yang menyaksikan seakan terpana dengan alat - alat yang ditampilkan. Selanjutnya, berselang 15 menit setelah presentasi dari Teknik Mesin dilanjutkan dengan mahasiswa Teknik Pertambangan yang naik ke atas panggung. Bermodal lelucon dan humornya mahasiswa Teknik Pertambangan menyapa khalayak akademik yang menyaksikan. Presentasi semakin seru dengan hadirnya maskot Teknik Pertambangan yaitu figur Tama seekor harimau tambang. Demontrasi dilakukan oleh peserta, mendeskripsikan mengenai pompa yang tidak ada sebelumnya. Pompa sekuensial yang ditampilkan memberi efek positif untuk wawasan mahasiswa. Teknik Arsitektur tidak mau kalah, mereka menggebrak dengan tampilan maket dan desain klasik yang bernilai tinggi. Penampilan mahasiswa - mahasiswa ini akan dilanjutkan keesokan harinya pada hari kedua. Teknik Kimia, Sipil dan Elektro akan bergulat memperebutkan animo mahasiswa yang menyaksikan dan jelasnya menggugah pemikiran juri. 
                  Perlombaan tidak sebatas presentasi karena diselingi dengan akustik dari mahasiswa yang juga diperlombakan. Hadir pertama, kelompok akustik dari Teknik Mesin yang melantunkan lagu daerah dan lagu pilihannya. Pikiran penat dan kaku didinginkan dengan sentuhan musik kontestan ini. Berturut Akustik dari Teknik Pertambangan dan kelompok akustik selanjutnya. Tanpa melupakan stand dan prototype, acara semakin marak dengan hadirnya tamu dari pelajar se Sumatera Selatan yang turun ke stand- stand untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan dan benda - benda yang membuat mereka bertanya -tanya. Semua membaur dalam satu sensasi acara, Engineering Fair 2011 BEM FT Unsri. Acara harus dihentikan dan ditunda karena hujan mengguyur siang hari itu, walaupun demikian seluruh mahasiswa masih antusias menyaksikan lomba stand dan prototype serta perlombaan akustik kampus teknik.

Posting KomentarDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Permata FT Unsri merupakan organisasi himpunan mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan yang berada di bawah naungan jurusan Teknik Pertambangan dan terdapat di lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Connect Us

item