Teknik Pertambangan Sabet Juara 2 Lomba Stand dan Prototype EF 2011

      Rabu, 9 Maret 2011 hari kedua perlombaan stand dan prototype dalam rangkaian Engineering Fair 2011 berlangsung semakin meriah. Suasana keakraban dan kebersamaan kian terasa di antara peserta perlombaan ini. Stand - stand yang pada hari sebelumnya sepi berubah ramai dipenuhi dengan teriakan. Seluruh peserta lomba yang berasal dari 6 jurusan yang berbeda ditambah satu dari Mapala Teknik Buana Chakti telah bersiap di stand masing - masing. Ada yang masih mendekorasi dan  menghiasi stand mereka masing masing. Tidak seperti hari pertama lomba diadakan, pada hari kedua ini seluruh peserta telah siap di barisan mereka. Maklum, pada hari kedua ini akan diadakan penilaian stand masing - masing jurusan. Mau tidak mau seluruh mahasiswa jurusan harus memberikan sumbangsih terbaik mereka dengan merombak habis stand yang tadinya masih minim kreasi dengan sentuhan artistik.
         Salah satu yang menarik pada perlombaan ini adalah persaingan klasik antara Teknik Mesin dan Teknik Pertambangan. Kedua diprediksi bakal bersaing untuk memenangkan perlombaan ini. Baik dari penilaian stand maupun penilaian prototype yang ada di jurusan mereka. Persaingan ini memunculkan semangat membara untuk masing - masing jurusan. Tidak ada permusuhan, namun semangat bersaing secara sehat dibuktikan dengan tampilan kreasi mahasiswa. 
      Hari kedua perlombaan stand dimulai pukul 09.00 WIB dengan melanjutkan agenda kegiatan. Penampilan demonstrasi prototype diselingi dengan musik akustik membuat siapa saja yang melihatnya terkesan kagum dengan kegiatan yang diadakan oleh BEM FT Unsri ini. Penonton bukan hanya berasal dari mahasiswa teknik, namun juga mahasiswa lain yang kebetulan melintas di kampus Teknik ataupun memang sengaja datang untuk menyaksikan langsung acara yang heboh tersebut.
          Tibalah saat pengumuman pemenang lomba akustik dan lomba stand terbaik. Pengumuman diumumkan langsung oleh panitia pada pukul 16.30. Peserta yang sudah tidak sabar lagi mendengarkan pengumuman tetap di stand. Ada yang berharap cemas dengan apa yang telah dikerjakannya. 
         Pengumuman Lomba Stand, seluruh peserta bersiap. Panitia mengumumkan mulai dari juara harapan III yang jatuh kepada teknik kimia,dilanjutkan juara harapan II Teknik Elektro, dan Teknik sipil menempati peringkat harapan I. Tinggal 3 stand jurusan yang tersisa. Stand Teknik Pertambangan, Teknik Mesin dan Teknik Arsitektur. 3 Stand ini masuk dalam persaingan 3 besar stand terbaik dan prototype terbaik yang penilaiannya digabung menjadi satu. Dimana stand memiliki bobot 40 % dan prototype bernilai 60% maksimal. Pihak panitia mulai memberi isyarat pada mahasiswa siapakah yang akan mendapatkan juara III, dan akhirnya jatuh pada Teknik Arsitektur. Tinggal 2 tim yang tersisa, hanya ada Teknik Pertambangan dan Teknik Mesin yang berada di ujung kemenangan. Apapun hasilnya,yang jelas juara I ataupun II tidak dipermasalahkan. Usaha telah dilakukan dan hasil memberi kepuasan bagi mahasiswa.
        Teknik Pertambangan akhirnya menempati posisi II pada perlombaan stand dan prototype. Penyerahan piala juara II perlombaan dilakukan oleh panitia langsung. Hadiah yang diterima sudah cukup untuk melepas kelelahan dan penat panitia. Perlombaan ini merupakan buah dari kerja keras panitia yang telah bekerja maksimal untuk jurusan mereka. Mulai dari membuat desain pit, hingga mading - mading yang harus dikerjakan oleh banyak orang. Juara II tidak buruk bagi Teknik Pertambangan.Dan untuk masa yang akan datang, kreativitas harus lebih ditingkatkan dan prototype menjadi hal wajib yang nantinya harus dikembangkan. Wajar bila kita menempati juara II, dibandingkan dengan Teknik Mesin sebenarnya prototype kita tidak begitu berkembang. Bayangkan dengan Teknik Mesin yang memang notabenenya bergelut dengan bidang permesinan. Tetapii semua bukan alasan untuk menutup diri dari perkembangan teknologi. Sebagai seorang calon teknisi mahasiswa teknik harus mampu mengkreasikan antara pemikiran dan pengaplikasian buah pikiran tersebut. Semoga nantinya Teknik Pertambangan dapat meningkatkan ekspansi di bidang prototype, sehingga bukan tidak mungkin teknologi tersebut dapat dimanfaatkan pada skala nasional. Hidup Teknik Pertambangan.

Salam Bhumi Anthar Ghatas Sustha Bavanias !!!    
        

Related

event 9028483665509665891

Posting KomentarDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Permata FT Unsri merupakan organisasi himpunan mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan yang berada di bawah naungan jurusan Teknik Pertambangan dan terdapat di lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Connect Us

item