Silaturahmi IATMI Komisariat Daerah Sumatera Bagian Selatan


Silaturahmi IATMI  Komisariat Daerah  Sumatera Bagian Selatan

Ikatan Alumni Teknik Perminyakan Indonesia atau disingkat IATMI Komisariat Daerah Sumatera Bagian Selatan mengadakan kegiatan silaturahmi dan sosialisasi visi dan misi ketua umum IATMI pusat. Pada acara ini hadir sebagai ketua umum IATMI pusat Salis S. Aprilian yang meluangkan waktunya untuk dapat hadir dalam acara komisariat daerah Sumbagsel. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu,12 Maret 2011, bertempat di Hotel Horison Palembang. Suasana formal yang mengiringi berjalannya acara yang dimulai pada pukul 08.30 ini menambah kesan IATMI sebagai salah satu organisasi profesi yang berkualitas.
Mengusung label perminyakan indonesia tidak telak menjadikan organisasi profesi ini diiisi hanya oleh orang – orang yang berkecimpung di teknik perminyakan. Keanggotaan dapat pula diisi oleh rekan – rekan dari berbagai jurusan yang relevan dengan bidang usaha ini. Hadir pada kesempatan ini, para manajer dan petinggi perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan tentunya tergabung dengan IATMI.
Pembukaan dimulai pukul 08.30 dengan undangan dari anggota IATMI yang tersebar di berbagai daerah Sumatera Bagian Selatan termasuk Sumsel dan Jambi. Para undangan telah termasuk dosen pengajar, guru besar serta mahasiswa dari Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya dan Politeknik Akamigas Palembang. Acara ini mengundang banyak simpati dari anggota, dengan penuhnya kursi yang disediakan panitia. Keseriusan dan niat mendalam tampak di .raut peserta kegiatan silaturahmi IAMTI komda Sumbagsel. Sambutan pertama diberikan oleh Bapak Heru Trikoranto, menyampaikan hal – hal yang berkaitan dengan Komisariat Daerah Sumatera Bagian Selatan yang tentunya memberikan gambaran kepada anggota –anggota IATMI khsusunya yang berada di Sumsel karena anggota dari Jambi tidak hadir pada pertemuan tersebut.
IATMI sendiri dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi serta rencana  kerja IATMI 2010 – 2012 oleh bapak Salis S. Aprilian yang menyempatkan diri untuk dapat menghadiri acara tersebut. Kegiatan IATMI Sumbagsel dilakukan untuk membentuk kepanitian pemilihan ketua IATMI Komisariat Sumbagsel. Dalam sambutannya Salis S. Aprilian juga mengemukakan pengalamannya selama bergabung di organisasi profesi yang sekarang dipegangnya tersebut. Beliau juga menceritakan dari 7 komisariat daerah IATMI yang aktif hanya beberapa. Keaktifan anggota sangat diperlukan dan komitmen untuk membangun organisasi ini dengan sepenuh hati dipaparkannya.
Setelah mendengarkan sambutan demi sambutan akhirnya acara dilanjutkan dengan coffee break selama 15 menit, peserta diberikan kesempatan untuk melepaskan penat. Dengan secangkir kopi ataupun teh nikmat diselingi dengan makanan kecil. Peserta dan undangan yang sembari menikmati makanan dan minuman, melakukan cengkrama dengan sesama anggota IATMI.
Acara kembali dilanjutkan dengan sesi diskusi panel. Berlaku sebagai moderator Bapak Ekariza dari Pertamina EP Prabumulih. Dan bertindak sebagai panelis diantaranya Heru Trikoranto dari IATMI PUSAT , Prof. Dr. Ir. Edi Sutryono M.Sc dari institusi Pendidikan Universitas Sriwijaya. Moderator memberikan kesempatan kepada masing – masing panelis untuk mengemukan keluh kesahnya serta saran dan harapan untuk IATMI. Prof. Dr. Ir.Edi Sutriyono M.Sc memberikan masukan dan saran kepada IATMI serta beliau mengemukakan beberapa pendapat beliau. Prof. Dr. Ir. Edi Sutryono M.Sc menyampaikan bagaimana keadaan di Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya. Masalah utama yang diungkapkan oleh beliau bahwa Teknik Pertambangan khususnya konsentrasi Migas kekurangan tenaga pengajar di bidang tersebut. Ini menjadi masalah besar, dimana mahasiswa yang memilih konsentrasi migas akan sulit untuk mendapatkan materi dari tenaga yang ahli. Kekurangan ini memberikan dampak signifikan bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan KP maupun TA. Tenaga pembimbing yang adapun tidak bisa berbuat apa – apa untuk konsentrasi ini. Pengetahuan yang terbatas dan laboratorium yang tidak mendukung menjadi hambatan besar dalam prospek Teknik Pertambangan ke depan. Minimnya sarana juga dikemukan oleh mahasiswa. Setelah mencurahkan segala apa yang dirasakannya, Prof. Dr. Ir. Edi Sutryono M.Sc menyampaikan  besar harapan dengan kelak terbentuknya Komisariat Daerah Sumbagsel nantinya Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya dapat dibantu dengan memberikan tenaga pengajar di bidang Teknik Perminyakan.
Sesi diskusi semakin seru dan bertambah hangat. Moderator menyegerakan panelis untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh Perwakilan dari Universitas Sriwijaya Teknik Pertambangan. Bapak Heru Trikoranto menyampaikan rasa simpatinya dan sekaligus bangga pada Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya. Beliau berjanji akan membantu, namun untuk saat ini inti dari keterbatasan tenaga pengajar yang ada di Teknik Perminyakan bukan hanya terjadi pada Universitas Sriwijaya. ITB yang telah melejit di bidang Teknik perminyakanpun merasakan aroma yang sama, dimana sangat susah untuk merekrut dosen atau pengajar di bidang Teknik Perminyakan. Tenaga pengajar yang ada telah  berumur, sedangkan jumlah peminat Teknik Perminyakan terus bertambah. Kebanyakan dari mahasiswa yang telah menamatkan pendidikannya tidak berminat untuk menjadi dosen, dan lebih memilih bekerja di perusahaan. Ini menjadi kendala bagi IATMI. Namun untuk selanjutnya kerja sama yang terjalin antara IATMI dan Jurusan Teknik Pertambangan bukan tidak mungkin dapat mengusakan tenaga pengajar tersebut.
Setelah berpuas dengan penyampaian dari panelis sesi diskusi panel diberikan kesempatan untuk undangan dan peserta untuk bertanya. Pertanyaan dan harapan yang disampaikan intinya mengarahkan bagaimana IATMI nantinya mengakomodasi antara lembaga pendidikan dengan perusahaan.  Mahasiswa – mahasiswa yang menanyakan memberikan pertanyaan bagaimana organisasi IATMI tersebut. Apa saja yang dapat mereka petik saat mereka bergabung di organisasi profesi tersebut serta harapan mereka dengan teknik perminyakan. Hadir sebagai penanya mahasiswa dari Teknik Pertambangan dan Politeknik Akamigas Palembang. acara dilanjutkan dengan sesi sharing antara peserta dengan IATMI.
Acara ditunda sejenak untuk istirahat sholat dan menikmati makan siang di Horison. Acara dilanjutkan kembali pukul 13.15 dimulai dengan pemaparan materi singkat yang disampaikan oleh Maria Chandra dan Rizky Nurhidayati dilanjutkan oleh Bayu Hamza hingga selesai pukul 14.00.
Acara yang ditunggu – tunggupun akhirnya akan dimulai yakni pembentukan panitia pemilihan Ketua IATMI Komda Sumbagsel. Dalam hal ini terpilih Feriko sebagai ketua, dan  tugas dari panitia ini untuk mempersiapkan panitia dan pelaksanaan pemilihan ketua IATMI sumbagsel. Yang nantinya akan dilukan pada pertengahan April 2011. Setelah terpilih orang – orang yang menduduki kepanitiaan pada IATMI komda Sumbagsel dilakukan pelantikan dan pengesahan panitia. Kepanitiaan berasal dari pengusaha dan mahasiswa. Diharapkan nantinya ada koordinasi yang baik dan persiapan yang maksimal sehingga acara yang akan dilaksanakan dapat memberikan hasil terbaik.
Penutupan dilakukan dengan foto bersama antara panitia pelaksana, pengurus IATMI Sumbagsel serta Institusi Pendidikan Teknik Perminyakan yang ada di Palembang. Silaturahmi dan kebersamaan mengakhiri acara tersebut. Perlahan namun pasti, sebagian peserta mulai meninggalkan ruangan. Semoga dengan tergabungnya Universitas Sriwijaya Jurusan Teknik Pertambangan dalam IATMI dapat memberikan kemajuan bagi jurusan dan mahasiswa.






Posting KomentarDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Permata FT Unsri merupakan organisasi himpunan mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan yang berada di bawah naungan jurusan Teknik Pertambangan dan terdapat di lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Connect Us

item